• Subcribe to Our RSS Feed

Sunday, November 20, 2016

Remote Desktop Menggunakan TightVNC

4:10 PM // by Unknown // No comments



Terkadang penggunaan komputer di jaringan perlu mengambil alih pengoperasian komputer lain di dalam jaringan tersebut. Cara klasik yang sering kita lakukan beranjak dari tempat kita lalu mendatangi tempat komputer lain kemudian mengoperasikannya.  Namun yang perlu kita ketahui sekarang ada teknologi jaringan yang memungkinkan kita mengambil alih pengoperasian komputer lain tanpa beralih dari tempat kita.







Apa itu TightVNC?

TightVNC adalah software remote desktop yang gratis. Dengan TightVNC anda bisa melihat desktop dari komputer remote dan mengontrolnya menggunakan mouse dan keyboard.

Download TightVNC

Kunjungi http://www.tightvnc.com/download.php

Penerapan Di Jaringan LAN

  • TightVNC Server untuk komputer Remote.
  • TightVNC Viewer untuk komputer yang meremote.
Saat menginstall TightVNC keduanya sudah terinstall sekaligus.

Konfigurasi TightVNC Server

# Konfigurasi ini dilakukan pada komputer Remote.

Sebelum memulai konfigurasi TightVNC ingat kedua komputer harus berada di jaringan yang sama, jika sudah terdapat DHCP Server mungkin tidaklah masalah jika tidak maka anda harus mengkonfigurasi IP Statik kedua komputer agar satu jaringan saya rasa anda bisa melakukannya kalau tidak silahkan merujuk ke sumber yang lain.

Pada saat melakukan instalasi TightVNC proses akhir anda diminta untuk memasukkan password untuk Remote Access dan Administrative Password untuk alasan keamanan.



















1. Start - All Programs - TightVNC - TightVNC Server (Application Mode) - TightVNC Server Offline Configuration. Silahkan hilangkan tanda centang pada bagian "Hide desktop wallpaper".



















2. Pada "Primary Password" klik Set dan silahkan mengisi password sesuai keinginan anda ini nantinya untuk keperluan autentikasi di TightVNC Viewer.




















3. Klik Apply lalu OK.
4. Restart Komputer Remote.

Menggunakan TightVNC Viewer

# Konfigurasi ini dilakukan pada komputer meremote.

1. Start - All Programs - TightVNC - TightVNC Viewer.
















2. Masukkan IP Komputer Remote lalu klik Connect.
















3. Setelah itu anda akan di mintai Password. Password disini merupakan password yang dikonfigurasi pada TightVNC Server yaitu saat mengeset "Primary Password". Masukkan lalu  klik OK.









4. Hasilnya layar desktop komputer Remote muncul didepan komputer yang meremote.





















Cukup mudah bukan? Anda bisa mencobanya di Warnet dan di Kantor Anda.

0 comments:

Post a Comment